• UGM
  • SPs UGM
  • Library
  • IT Center
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan
Sekolah Pascasarjana
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan
      • Program Magister
      • Program Doktor
    • Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      • Tenaga Pendidik Program Magister
      • Tenaga Pendidik Program Doktor
      • Tenaga Kependidikan
    • Fasilitas
    • Laboratorium
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Prosedur Pendaftaran
      • Syarat Pendaftaran
      • Biaya Pendidikan
    • Rekognisi Akademis
  • Akademik
    • Program Magister
      • Profil Lulusan Program Magister
      • Capaian Pembelajaran Lulusan
      • Peta Kurikulum
      • Mata Kuliah
      • Modul Pegangan Mata Kuliah
      • Seminar Proposal
      • Ujian Komprehensif
      • Seminar Hasil
      • Ujian Tesis
    • Program Doktor
      • Profil Lulusan
      • Capaian Pembelajaran Lulusan
      • Peta Kurikulum
      • Mata Kuliah
      • Modul Pegangan Mata Kuliah
      • Seminar Proposal
      • Ujian Komprehensif
      • Seminar Hasil
      • Ujian Disertasi
    • Kalender Akademik
    • Panduan Akademik
    • Perpustakaan
    • ELOK (e-Learning: Open for Knowledge Sharing)
    • SIMASTER
  • Penelitian
    • Publikasi
    • Kelompok Penelitian
  • Pengabdian
    • Pengabdian kepada Masyarakat
  • Kemahasiswaan & Alumni
    • Prestasi Mahasiswa
    • Informasi Beasiswa
    • Alumni
    • KAGAMA
    • Lowongan Pekerjaan
    • Tracer Study
  • Kontak
  • Unduh
    • Dokumen Akreditasi S2
    • Dokumen Akreditasi S3
  • Beranda
  • Berita
  • Workshop Kurikulum: Upaya Pencapaian Output dan Outcome Prodi S2 dan S3 PKP Sekolah Pascasarjana UGM

Workshop Kurikulum: Upaya Pencapaian Output dan Outcome Prodi S2 dan S3 PKP Sekolah Pascasarjana UGM

  • Berita, Howdy SDGs!
  • 9 Desember 2024, 15.00
  • Oleh: pkp.pasca
  • 0

Pada hari Kamis, 5 Desember 2024 silam, Program Studi S2 dan S3 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada menggelar Workshop Kurikulum. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid dengan beberapa tamu undangan hadir secara daring dan sebagian lainnya hadir secara luring. Kegiatan luring dilaksanakan di Hotel Lafayette Yogyakarta. Tamu undangan yang hadir terdiri atas para dosen, perwakilan alumni S2 PKP, perwakilan alumni S3 PKP, dan pengguna dari berbagai instansi.

Workshop ini penting untuk diselenggarakan mengingat adanya perubahan kurikulum yang akan berlaku di Semester Gasal 2024/2025. Sebelumnya, workshop kurikulum dilaksanakan di tingkat Sekolah Pascasarjana sehingga masing-masing program studi sudah memiliki konsep kurikulum yang baru. Tujuannya agar outcome dan output yang dihasilkan lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Rencananya, program pembelajaran tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, namun juga sudah mulai merambah ke model pembelajaran ‘kekinian’ menggunakan sistem MOOC dengan skema 50% luring dan 50% daring. Dalam hal ini, mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih beberapa jalur, mulai dari jalur kurikulum reguler, kurikulum dengan mata kuliah wajib di prodi sendiri sehingga mata kuliah pilihan dapat diambil di beberapa tempat lain, atau kurikulum merdeka belajar dengan konversi SKS.

Materi dan kurikulum dalam perkuliahan perlu mempertimbangkan tantangan pembangunan, seperti: 1) perubahan sosial dan demografis, 2) teknologi dan modernisasi, 3) akses lahan, 4) keterbatasan infrastruktur, 5) kebijakan dan regulasi, 6) regenerasi dan degenerasi, 7) keterbatasan akses pendidikan dan modal, serta 8) proses interaksi sosial. Kurikulum baru yang disusun perlu menggunakan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) yang memerhatikan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan fleksibilitas pembelajaran.Hal ini akan berpengaruh pada penentuan segmentasi calon mahasiswa baru, apakah akan berasal dari kalangan akademisi, pegawai pemerintahan, swasta, atau fresh graduate dari jenjang S1.

Saran untuk uji coba penggabungan kelas S2 dan S3 sepertinya dapat dipertimbangkan mengingat penerimaan materi pembelajaran dari mahasiswa pastinya akan berbeda karena karakter dan perilakunya juga berbeda. Dalam hal ini dapat juga diintegrasikan dengan teknologi digital seperti AI yang sebenarnya dapat disisipkan di lingkungan akademis. Tujuannya agar sisi etis dari penggunaan AI dalam pembelajaran tetap ada.

Penulis dan Reviewer: Tim Prodi PKP Pascasarjana UGM

Tags: Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan SDGs SDGs 4: Pendidikan Bermutu

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung Yogyakarta – 5581
Telp : (0274) 544975, 564239 Fax : (0274) 547861, 564239
  pkp.pasca@ugm.ac.id
  @pkp.pasca.ugm
  +628112630752

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju